counter
Manfaat Kacang Hijau serta Jenis-jenis olahannya

Kali ini kita mau bahas salah satu produk kami yang mungkin udah ga asing di telinga kita, apa itu ? ya dia adalah Kacang Hijau, Kacang hijau sendiri kita tau biasanya ada di olahan seperti  bubur Kacang Hijau , Kue dengan isian Kacang Hijau dan masih banyak lagi, Mari kita kulik.

Kacang Hijau sendiri mempunyai istilah Bahasa lain yaitu Vigna Radiata yang dimana Kacang Hijau ini sejenis palawija yang dapat di temukan di daerah dengan suhu tropis. Kacang Hijau yang termasuk tumbuhan suku polong-polongan yang sangat banyak memiliki manfaat dalam kehidupan kita sehari hari sebagai sumber bahan pangan dengan protein nabati yang tinggi.

Manfaat Kacang Hijau

Kacang Hijau memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting dan kandungan lemaknya merupakan lemak yang tidak jenuh, jadi bagus banget tuh kalo kita konsumsi untuk tubuh kita dan tenang aja ga akan bikin gemuk lho.

Berikut manfaat Kacang Hijau dalam dunia Kesehatan

  1. Menjadi sumber karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh

Biasanya yang kita tau karbohidrat adanya di nasi atau kentang dan terkadang untuk mereka yang sedang melakukan program penurunan berat badan akan menghindari karbohidat, Padahal fungsi karbohidrat sendiri bagi tubuh kita adalah untuk sumber tenaga kita, kalau kita tidak ada asupan karbohidrat sama sekali, Maka tubuh kita akan terasa lemas dan untuk mengangkat sesuatu itu akan terasa berat sekali. Nah, Mungkin Kacang Hijau bisa dijadikan alternatif untuk menggantikan nasi dan kentang  sebagai asupan karbohidrat bagi tubuh kita karena Kacang Hijau mengandung jenis karbohidrat yang kompleks yang lebih baik untuk Kesehatan.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Dalam kehidupan sehari hari ga akan pernah jauh dari makanan yang berkolesterol, seperti olahan aneka daging atau goreng goreng yang pastinya lezat banget kalo kita konsumsi, Akan tetapi biasanya kalau kita tidak control maka akan timbul penyakit yang Namanya kolesterol, Gejalanya mulai dari leher terasa kaku sampai mengalami sakit di kepala. Daripada selalu mengkonsumsi obat obatan yang mungkin bisa nyembuhin kolesterol akan lebih baik kalau kita konsumsi Kacang hijau ini. Karena kacang Hijau ini memiliki kandungan lemak yang rendah. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat 347 kalori energi dan 1,15 gram lemak. Kandungan lemak yang tergolong rendah tadi serta serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi, maka bisa disimpulkan apabila kita mengkonsumsi kacang hijau secara teratur, Maka dapat membantu kita yang mempunyai kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami, dan jangan lupa diimbangi dengan olahraga juga yaa.

  1. Menurunkan risiko osteoporosis

Kacang Hijau mengandung magnesium dalam jumlah yang tidak sedikit, Setidaknya dalam 100 gram Kacang Hijau terdapat 189 miligram magnesium yang di butuhkan oleh tubuh untuk mencegah kekurangan magnesium. Karena magnesium itu sangat di butuhkan untuk konsumsi tulang kita sehingga menurunkan risiko osteoporosis

  1. Membantu dalam masa proses kehamilan

Di dalam Kacang Hijau mengandung Namanya folat atau yang kita tau dengan asam folat ,Dengan tingkat kandungan asam folat yang cukup tinggi. Jadi untuk wanita yang merencakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan ini bagus banget di konsumsi agar baik untuk tubuh dan mengurangi resiko kehamilan bermasalah seperti keguguran, kelahiran premature dan lain lain.

Olahan Kacang Hijau

Di kehidupan kita sehari hari Kacang Hijau sudah ga asing di telinga kita. Sejak kecil ibu kita sering menyajikan  hidangan yang terbuat dari kacang hijau karena memang Kacang Hijau ini kaya banget akan nutrisi dan manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Kira kira Kacang Hijau bisa di buat jadi apa aja sih ? Berikut informasi olahan Kacang Hijau

  1. Bubur Kacang Hijau

Nah Makanan yang sudah tidak asing ini pasti sering banget kita jumpain di rumah, atau di warung warung pinggir jalan. Rasanya yang manis dan legit sehingga nikmat banget kalau kita konsumsi bubur Kacang Hijau ini. Biasanya cocok di sajikan hangat atau dingin dengan tambahan biasanya ketan hitam dan roti tawar yang cocok banget jadi pelengkap bubur Kacang Hijau ini.

Proses pembuatannya pun sangat mudah, Biasanya dengan merebus Kacang Hijau dalam air yang mendidih atau panas hingga kacang hijau merekah. Kemudian di lanjutkan dengan menuang air santan, garam dan gula pasir secukupnya. Kemudian masak hingga mendidih dan menjadi bubur.

  1. Bakpia

Kacang hijau biasanya juga kita temukan menjadi isian suatu produk kue, Yang sudah tidak asing kita dengar kue dengan isian Kacang Hijau adalah bakpia, Makanan yang terkenal sekali di daerah jawa tengah ini sangat banyak diminati kalangan masyarakat Indonesia dengan rasa yang enak dan khas, membuat aneka makanan ini menjadi popular di Indonesia.

Proses pembuatannya mulai dari mencampurkan tepung terigu kemudian minyak, air, gula pasir dan sedikit garam. Aduk semua komponen tadi hingga kalis. Setelah adonan menjadi kalis, tambahkan kembali tepung terigu sedikit demi sedikit hingga tekstur adonan menjadi lembut dan lembab.

Bagi adonan kemudian gilas dengan roller. Lipat adonan, kemudian gilas kembali. Ulangi prosesnya sebanyak 3 kali. Kemudian berikan isian dengan rebusan kacang hijau yang sudah di lembutkan, Lalu bentuk menjadi bulat dan pipihkan.

Panggang diatas teflon yang sudah di panaskan, sambal sedikit di tekan, kemudian tutup teflon selama proses memanggang dan setelah dirasa matang dengan berwarna keemas an berarti tandanya bakpia tersebut bisa kita tiriskan dari teflon kemudian siap di sajikan.

  1. Es Mambo

Biasanya waktu kita kecil sering banget namanya kita mengkonsumsi es mambo dengan rasa kacang hijau. Membuatnya juga sangat mudah banget

Cuci dan rendam Kacang Hijau semalaman agar Kacang Hijau menjadi lembut teksturnya saat dimasak. Keesokan harinya, rebu Kacang Hijau yang sudah di rendam dengan air sampai merekah sempurna. Kemudian masukkan santan dan daun pandan serta tidak lupa tambahkan garam dan gula sehingga menciptakan rasa yang enak. Aduk terus sampai mendidih kemudian masukkan larutan tepung maizena sambal diaduk lagi hingga mengental. Setelah kental maka bisa di tiriskan dan biarkan hawa panasnya menjadi dingin

Setelah hawa panas hilang dari olahan Kacang Hijau tersebut maka masukkan bahan tersebut ke dalam plastic es mambo dengan menggunakan corong agar tidak tumpah kemana mana, Kemudian ikat ujung plastic dengan karet setelah itu simpan di dalam freezer kulkas, Kemudian setelah beku es mambo bisa dinikmati oleh keluarga tercinta.

Kami Agro Berkah Negeri menyediakan segala hasil komoditi yang diambil langsung dari para petani terbaik dengan kualitas yang baik pula sehingga para pelanggan kami merasa puas dengan apa yang kami berikan. Produk kami mulai dari hasil Pertanian, Perkebunan, Peternakan hingga Produk olahan makanan beku atau yang dikenal dengan istilah Frozen Food.

Produk unggulan kami mulai dari Kacang Hijau , Beras, Telur, Minyak ,dan masih banyak lagi yang dimana para pelanggan kami sangat puas akan produk produk yang kami berikan.

Jenis jenis Kacang Hijau yang kami sediakan adalah

  • Kacang Hijau bubur biji besar kilap
  • Kacang Hijau bubur biji besar butek
  • Kacang Hijau Import
  • Kacang Hijau toge biji mentik kilap
  • Kacang Hijau toge biji mentik butek
  • Kacang Hijau kue
  • Kacang hijau afkiran

Apabila ingin lebih tau tentang kami dengan apa yang kami tawarkan bisa kunjungi website kami di www.agro.agafglobal.com kami akan berikan pelayan yang terbaik bagi para pelanggan kami dengan senang hati.