counter
Pengertian Bearing, Jenis-jenisnya serta Fungsi dari Bearing

Mungkin banyak yang sudah pernah denger kata “ Bearing “ , kalau di tanya, kamu tau Bearing ? Ada yang jawab iya tau yang bentuknya bulat itu kan ? atau ada yang mungkin hanya tau tauan aja tapi ga tau detailnya tentang Bearing

Disini kita mau bahas terkait apa sih Bearing itu ? Bearing adalah suatu komponen dari mesin atau alat yang berfungsi sebagai pengatur gerakan putaran, Biasanya di dalam Bearing kita dapat menemukan bola bola kecil beserta gemuk atau pelumas agar gerakan putaran dalam mesin atau alat bisa berjalan dengan baik. Dimana sih kita bisa temukan Bearing ? kita bisa temukan di dalam roda sepeda atau motor, di dalam mesin produksi yang ada putaran motor di dalamnya agar putaran motor tersebut bisa berjalan dengan baik.

Mungkin sampai sini sudah kebayang kan ? pastinya udah dong ?, Selanjutnya kami mau menjelaskan apa aja sih jenis jenis dalam bearing ? Berikut jenis jenis dalam bearing

  1. Ball Bearing

Ball Bearing adalah suatu komponen item yang menggunakan bola baja yang berada diantara kedua rel yang berfungsi sebagai jalannya dan alur bola tersebut berputar. Fungsi Bearing ini untuk menahan beban putaran atau beban tekan yang berasal dari samping dan kinerjanya sangat sederhana banget yang memiliki gerakan putar yang sangat efektif. Dimana sih kita bisa menemukan Ball Bearing ? kita bisa temukan ini di banyak otomotif kaya di motor, mobil dll

  1. Roller Bearing

Roller Bearing adalah suatu komponen item yang menggunakan roller baja yang bentuknya seperti tabung yang berada diantara kedua rel. Fungsi Bearing ini hamper sama dengan Ball Bearing yang membuatnya beda adalah  di desainnya, karena desain Roller Bearing  berbentuk tabung silinder yang memanjang membuat titik tumpunya tidak hanya satu titik seperti Ball Bearing.

  1. Linear Bearing

Linear Bearing adalah suatu komponen item yang di desain untuk bergerak hanya dalam satu jalur atau arah, Biasanya Linear Bearing ini akan berfungsi dengan menggunakan rail sebagai jalur untuk bergerak maju mundur ( lurus ) dalam 1 arah. Fungsi dari Linear Bearing ini adalah biasanya untuk di mesin tekstil, kemasan atau mesin mesin cetak bahkan ada juga buat di mesin produksi makanan

Dari jenis diatas itulah sebagian besar dari jenis jenis bearing, sebenernya masih banyak lagi tapi biasanya orang lebih sering pakai di 3 jenis bearing yang di sebutkan diatas.

Kami, PT AGAF GLOBAL KREASINDO menyediakan banyak jenis jenis bearing yang dengan brand brand yang sudah tidak asing lagi dan orang umum pasti tau tentang kualitas yang dimiliki oleh tiap brand tersebut, mulai dari Franke Bearing, SKF Bearing, Timken Bearing, IKO Bearing, NTN Bearing, FYH Bearing, THK Bearing, dan masih banyak lagi, Dan kami juga salah satu distributor untuk product Franke Bearing khusus di Linear Bearing.

Franke Bearing yang pabrikannya ada di Jerman dan Italia mempunyai product unggulan yang sangat banyak di pakai di seluruh dunia yaitu Linear Bearing. Franke Bearing di buat dari material atau bahan yang sangat berkualitas sehingga lifetime atau daya tahan Franke Bearing ini lebih baik dari brand lain untuk Linear Bearing. Linear Bearing dari Franke GMBH ini bisa di pakai di segala bentuk aplikasi mulai dari mesin untuk produksi makanan, mesin kemasan hingga bisa di pakai buat taro camera untuk shooting film, Karena Linear Bearing ini mempunyai fungsi bergerak dengan rail yang bisa maju mundur dalam 1 arah, sehingga kalau di film itu kamera harus bergerak, jadi orangnya ga perlu gerak, cukup geser saja Linear Bearing sesuai dengan arah yang mau kita take atau tentukan.

Apabila ada kebutuhan terkait Franke Bearing, SKF, Timken, IKO, NTN dan bearing lainnya atau product industrial lainnya, bisa hubungi kami atau kunjungi website kami di www.agafglobal.com kemudian click pilar usaha industry untuk mengetahui lebih lanjut.

Add Comment