4 Susunan Penting Instalasi Gearbox pada Mesin Industri!

4 Susunan Penting Instalasi Gearbox pada Mesin Industri!

Gearbox merupakan susunan roda gigi atau gear yang terletak pada sebuah box unit. Dengan dibekali ratio yang bermacam-macam.

Di dalam bidang industri, mesin-mesin produksi bertugas untuk mengolah bahan, baik menjadi produk setengah matang maupun barang jadi. Kinerja tersebut dibantu oleh bagian mesin yang bernama gearbox.

Ini Dia Fungsi dan Susunan Instalasi Gearbox yang Wajib Anda Tahu!

Penggunaan gearbox sendiri umumnya diterapkan pada mesin yang mempunyai proses kerja beban putar. Dalam hal ini, mesin bekerja cukup berat. Sehingga untuk meminimalisir kerusakan pada drive, digunakan alat bantu beban yakni gearbox.

Selain itu, benda ini juga memiliki berbagai manfaat penting dalam kinerja mesin-mesin industri. Agar semakin jelas, silakan simak uraian di bawah ini.

  • Sebagai alat untuk mengatur kecepatan.
  • Mengatur jumlah putaran pada power utama.
  • Menyesuaikan drive dengan kebutuhan.
  • Memaksimalkan kinerja pada mesin yang akan digerakkan.
  • Mensinkronkan kebutuhan putaran sehingga menghasilkan kerja yang optimal.
  • Merubah kecepatan putaran atau jumlahnya, dari kencang menjadi pelan dan sebaliknya.
  • Merubah beban putar dari kerja berat menjadi ringan dan sebaliknya.

Susunan Instalasi Gearbox dalam Mesin Produksi Pabrik Industri

Sistem gearbox dalam suatu mesin pabrik industri, tentunya memiliki susunan masing-masing. Susunan ini berbeda-beda tergantung tujuan kerja pada mesin tersebut. Berikut ini penjelasan tentang susunan instalasi gearbox dalam mesin produksi.

1. Motor drive

Motor drive merupakan salah satu bagian pada mesin produksi. Berfungsi sebagai tenaga penggerak utama, baik secara langsung ke beban kerja maupun melalui perantara. Motor drive biasa disebut dengan penghasil kekuatan tenaga putar.

Selain itu, motor drive juga memiliki fungsi lain yang bisa Anda ketahui:

  • Alat penggerak pada gearbox.
  • Alat penggerak pada roll line unit.
  • Alat penggerak pada roll calender unit.
  • Alat penggerak pada pengaduk.
  • Alat penggerak pada chain atau rantai.
  • Alat penggerak pada V Belt drive.
  • Alat penggerak pada cyclo drive.

2. Kopling

Setelah susunan motor drive, maka instalasi berikutnya adalah kopling. Kopling pada mesin produksi pabrik ini, memiliki fungsi penting sebagai penghubung putaran dari motor drive menuju unit gearbox.

Pada bidang industri, kopling juga digunakan untuk memindah putaran serta daya dari poros motor listrik. Menuju alat produksi sepert shaft pada mesin roll, mixer, hingga pencacah.

3. Gearbox

Setelah 2 bagian tersebut, maka susunan instalasi berikutnya adalah gearbox. Bagian ini memiliki peran dalam mengatur putaran dari motor drive, menuju beban kerja pada mesin. Tanpa alat ini, mesin tidak bisa bekerja menghasilkan barang produksi.

4. Mesin Kerja

Bagian terakhir adalah mesin kerja. Mesin ini memiliki nyawa dari gabungan 3 instalasi sebelumnya. Sehingga dapat disimpulkan, apabila salah satu komponen tidak ada. Maka proses produksi tidak akan bisa maksimal.

Komponen-Komponen di dalam Gearbox

Gearbox memiliki komponen penting yang mampu membangun kinerjanya. Komponen inilah yang membuat gearbox mampu hidup dan menghasilkan kerja optimal.

Komponen penting tersebut seperti box, gear unit, cover hole, lubang untuk supply oli, bearing, pelumas, indikator volume, sealer, dan baut-baut pengikat.

Untuk pelumasnya sendiri, gearbox menggunakan oli dengan takaran yang bisa disesuaikan, pada indikator volume. Aliran oli tersebut dilindungi oleh sealer gear unit, sehingga mampu meminimalisir kebocoran.

Terdapat bagian tidak kalah penting, yakni oil drain flow. Bagian ini berfungsi sebagai tempat pembuangan uap panas, yang timbul akibat putaran dan kinerja gear box. Sedangkan plug oil drain, akan melakukan pengurasan oli di dalam gear box.

Nah, itu tadi uraian tentang pengertian gearbox, fungsi, susunan instalasi pada mesin industri, hingga komponen penting di dalamnya. Semoga tulisan ini bermanfaat! 

PT Agaf Global Kreasindo hadir untuk Anda semua dengan membawa kompetensi dan pengalaman lama dalam proses pengadaan gearbox untuk industri Anda.

Share: