Apa Itu Gearbox dalam Dunia Industri? Yuk Cari Tahu!

Apa Itu Gearbox dalam Dunia Industri? Yuk Cari Tahu!

 

Apa Itu Gearbox dalam Dunia Industri? Yuk Cari Tahu!

 

 

Mungkin Anda sering mendengar kata gearbox dalam dunia industri. Namun sudah tahukah anda mengenai apa sebenarnya benda tersebut? Bagi orang yang sering berkecimpung dalam dunia pabrik industri mungkin sudah tidak asing lagi dengan benda satu ini.

 

 

Sementara itu bagi orang awam tentunya masih kurang tahu mengenai gearbox industri. Sebagian orang mungkin juga sudah tahu namun mungkin belum tahu secara detail, misal hanya mengetahui seperti apa bentuknya atau bagaimana penggunaannya.

 

 

Nah, jika Anda termasuk orang yang masih belum mengerti mengenai benda satu ini, berikut akan kami sajikan pembahasannya. Pastikan Anda membacanya hingga tuntas agar penasaran Anda terjawab.

 

 

Apa Itu Gearbox dalam Dunia Industri?

 

 

Dalam dunia industri yang menggunakan mesin produksi untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi maupun barang jadi bisa dipastikan menggunakan part mesin bernama gearbox. Gearbox sendiri merupakan susunan roda gigi atau gear dalam box unit yang memiliki variasi ukuran dan jumlah gigi gearnya.

 

 

Hal tersebut bertujuan sebagai pembeda ratio antar gigi gear. Adapun nama-nama gear atau gigi dalam susunan gear tersebut seperti gear pinion, bevel gear, dan gear drive. Biasanya gearbox ini digunakan pada mesin yang memiliki proses kerja beban putar yang berat sehingga menggunakannya untuk menghindari kerusakan motor drive.

 

 

Benda satu ini merupakan komponen mekanikal yang mentransmisikan daya dan gesekan di antara sumbunya dari motor ke spindle utama peralatan industri. Ia juga bisa mengubah putaran dan mengubah gerakan rotasi menjadi gerakan linear.

 

 

Bagian-Bagian

 

 

Fungsinya dalam peralatan industri yaitu untuk mereduksi kecepatan pada conveyor sehingga putarannya tetap stabil dan tidak terlalu cepat agar mesin industri bisa berputar dengan kecepatan yang diinginkan. Dengan begitu maka tujuan utamanya yaitu untuk mengurangi maupun menambah kecepatan.

 

 

Gearbox memiliki berbagai bagian di dalamnya yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Beberapa bagian tersebut yaitu:

 

 

  • Cover hole gear box, berfungsi untuk tutup lubang gear box.
  • Gear unit, sebagai roda gigi penggerak, bisa juga yang digerakkan.
  • Box unit, sebagai wadah utama untuk housing gear unit.
  • Oli pelumas, sebagai pelumas gear unit dan bearing.
  • Bearing unit, sebagai dudukan tumpuan shaft gear unit.
  • Lubang gear box unit, sebagai lubang check kondisi gearbox dan sebagai tempat supply oli.
  • Baut pengikat, sebagai pengikat antar part di bagian gear box unit agar antar part menjadi satu susunan unit.
  • Oil seal, sebagai sealer gear box unit agar oli pelumas tidak mengalami kebocoran.
  • Level oil, sebagai indikator volume oli yang ada dalam gear box unit.
  • Filter oli, sebagai penyaring sirkulasi oli.
  • Flow glass oli, sebagai indikator sirkulasi oli yang disalurkan ke area tertentu seperti bearing agar selalu teraliri oli lubrikasi.
  • Plug oil drain, sebagai lubang drain guna menjalankan pengurasan oli.
  • Oil drain flow, sebagai tempat pembuangan uap panas karena putaran gear box unit.

 

 

Penggunaan oli pelumas dalam gear box unit ini juga memiliki tujuan tertentu. Diantaranya yaitu sebagai pendingin gerakan gear unit, mencegah terjadinya permukaan gear yang saling bersinggungan, peredam getaran dari putaran gear unit, sebagai pelumasan pada bagian part gearbox agar tidak terjadi karat atau korosi, dan agar saat berputar tidak timbul aus atau kerusakan part.

 

 

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu gearbox beserta bagian-bagian di dalamnya. Nah, jika Anda sedang membutuhkan benda satu ini untuk kebutuhan mesin industri maka anda bisa mendapatkannya melalui PT Agaf Global Kreasindo.

 

Share: