Wajib Tahu Cara Kerja dan Ciri Kerusakan Gearbox pada Mesin Industri!

Wajib Tahu Cara Kerja dan Ciri Kerusakan Gearbox pada Mesin Industri!

Gearbox merupakan salah satu komponen penting yang saling menunjang komponen lain pada mesin industri. Tanpa adanya komponen yang penting ini mesin industri tidak akan lengkap. Silahkan simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih jauh tentang alat industri ini.

Cara Kerja dan Ciri Kerusakan Gearbox pada Mesin Industri

Gearbox merupakan sebuah komponen yang dibutuhkan dalam bidang permesinan atau industri. Jadi penggunaannya tidak hanya pada motor atau mobil saja. Komponen satu ini memiliki fungsi utama yang sangat penting, yakni untuk memindahkan tenaga penggerak mesin yang akan digerakkan. Gearbox juga merupakan komponen yang vital karena memiliki fungsi memperlambat kecepatan dari putaran tenaga dinamo mesin. 

Selain itu juga berfungsi untuk memperkuat tenaga putaran dari dinamo. Apabila mesin tidak memiliki gearbox, tenaga yang dihasilkan mesin tersebut tidak bisa dikendalikan. Komponen ini secara umum digunakan untuk mesin-mesin di pabrik, dan perikanan untuk memperkuat tenaga dari elektrik motor.

Cara Kerja Gearbox pada Mesin Industri

Pada dunia industri yang mengelola mesin-mesin produksi mempunyai fungsi untuk mengolah bahan-bahan produk menjadi barang setengah jadi atau barang jadi pasti menggunakan komponen gearbox. Komponen ini terdiri dari susunan roda gigi atau gear dalam box unit yang mempunyai rasio bervariasi. Komponen ini biasanya digunakan untuk benda kerja atau mesin yang mempunyai proses kerja beban putar berat. Sehingga untuk menghindari adanya kerusakan pada motor drive, digunakan pereduce beban yaitu gearbox. Berikut ini merupakan susunan instalasi gearbox pada mesin industri:

1. Motor drive, berfungsi sebagai penggerak yang utama atau penghasil tenaga putar.

2. Gearbox unit, berfungsi sebagai pereduksi putaran dari metode ke beban kerja mesin.

3. Kopling, berfungsi sebagai penghubung putaran dari motor drive ke shaft gearbox.

4. Part mesin, berfungsi sebagai benda kerja yang digerakkan untuk mengolah atau memproduksi bahan dan material produk. 

Ciri Kerusakan

Semua komponen yang ada pada gearbox pasti mempunyai fungsi dan kegunaan. Salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam gearbox yaitu oli pelumas. Oli pelumas harus selalu ada pada saat komponen ini digunakan ataupun tidak. Selain itu, oli pelumas sama dengan nyawanya gearbox karena tanpa oli tersebut komponen ini akan rusak bahkan hancur pada saat proses operasi. Berikut merupakan ciri kerusakan gearbox pada mesin industri:

1. Suara Bising Karena Terdapat Gigi yang Sudah Aus

Kondisi permukaan gigi yang sudah aus menjadi salah satu penyebab gearbox menimbulkan suara bising atau yang bisa disebut dengan noise saat beroperasi. Perputaran gigi-gigi dalam komponen ini yang kontinue merupakan awal terjadinya persinggungan atau gesekan pada gear tersebut. Sehingga bisa mempengaruhi kondisi keausan gigi-gigi dalam komponen ini. Adanya jam operasi yang tinggi diperlukan konsentrasi dari teknisi mekanik untuk melakukan cek lebih intens pada kondisi komponen gearbox.

2. Terjadi Getaran pada Gearbox Karena Baut yang Kendor

Suara bising bisa ditimbulkan saat baut pengikat bodi gearbox ada yang kendor. Baut bodi tidak kencang pada dudukannya bisa membuat gearbox terjadi getaran yang tinggi pada saat beroperasi. Untuk mengatasi masalah itu bisa melakukan pengencangan baut pengikat bodi semaksimal mungkin. Selalu pastikan bahwa semua baut tersebut dudukannya sudah menggunakan ring lock atau ring pegas.

Nah, itu tadi ulasan tentang cara kerja dan ciri kerusakan gearbox pada mesin industri yang bisa kamu ketahui. Setelah membaca ulasan ini bisa menjadi tahu ciri kerusakan pada komponen ini sehingga bisa langsung memperbaikinya.

PT Agaf Global Kreasindo hadir untuk Anda semua dalam pengadaan gerarbox untuk industri Anda.


Share: