Cara Pemasangan Thermocouple Buatan Indonesia yang Benar

Cara Pemasangan Thermocouple Buatan Indonesia yang Benar

Thermocouple merupakan sebuah alat industri pengukur suhu yang dalam Bahasa Indonesia juga dikenal dengan nama thermokopel. Alat ini merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur perbedaan suhu pada perangkat elektronik. Bagi sebagian orang mungkin masih merasa asing dengan benda satu ini sebab jarang bahkan tidak pernah menggunakannya.

Alat pengukur suhu ini sudah cukup populer dan banyak digunakan pada berbagai industri. Misalnya yaitu industri barang elektronik rumah tangga, otomotif, bahkan industri pembangkit listrik. Karena sering digunakan di dunia industri, wajar saja jika masyarakat umum masih belum mengetahui banyak hal mengenai alat satu ini.

Thermocouple untuk Mengukur Suhu

Thermocouple merupakan jenis sensor suhu yang digunakan untuk mengukur suhu melalui dua jenis logam konduktor yang berbeda. Keduanya digabung pada bagian ujungnya sehingga menimbulkan efek Thermo-electric. Dari kedua logam tersebut, salah satu logam konduktor akan berfungsi sebagai referensi dengan suhu konstan atau tetap.

Sementara itu satunya lagi sebagai logam konduktor yang mendeteksi suhu panasnya. Bisa dikatakan bahwa alat ini memiliki respon yang cukup kuat, mudah dibaca, serta memiliki rentang ukuran yang luas. Karena itu pun tak heran jika alat ini semakin populer dan banyak digunakan hingga saat ini.

Seperti yang telah tertulis sebelumnya, Thermocouple berfungsi sebagai alat ukur untuk mendeteksi suhu. Untuk pengaplikasiannya sendiri sering digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya yaitu digunakan sebagai sensor otomatis, lemari pendingin, penanak nasi, sensor pada pesawat terbang, mesin cuci dan sebagainya.

Cara Pemasangan

Dalam menggunakan alat ini tentu saja pemasangannya harus Anda lakukan dengan benar. Karena prinsip kerjanya yang hanya sebagai sensor dengan mengubah suhu menjadi tegangan maka untuk bisa melihat hasil pengukuran suhu maka dibutuhkan alat tambahan bernama Temperature controller.

Alat tersebut berfungsi menerima sinyal berupa tegangan yang kemudian akan dibandingkan dengan pengaturan dan data yang kita masukan. Hasil perhitungannya pun akan muncul berupa suhu yang diukur. Lalu bagaimana cara pemasangan alat ini? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pasang Thermocouple pada tempat yang ingin diukur.
  • Lalu pasang Temperature Controller pada tempat yang Anda inginkan.
  • Kemudian pasang kabel pada masing-masing terminal Thermocouple dan Temperature Controller.
  • Sesuaikan Polaritas yang umumnya sudah ada pada masing-masing terminal kabel. Kabel dengan Polaritas positif pada Thermocouple dihubungkan pada terminal positif pada Temperature Controller. Begitu pula dengan terminal negatif.
  • Lalu sesuaikan pengaturan atau data yang ada dalam Temperature Controller.
  • Terdapat beberapa data yang harus disesuaikan pada Termperature Controller. Diantaranya yaitu masukkan tipe sensor Thermocouple yang digunakan.
  • Lalu masukkan data Sensor Range Thermocouple lalu masukkan unit yang tersedia. Misal jika ingin menampilkan suhu dalam skala fahrenheit maka pilih Unit F, jika skala celcius maka pilih Unit C.

Itulah cara pemasangan Thermocouple yang baik dan benar serta bisa Ada terapkan.

Produk Buatan Dalam Negeri

Alat pengukur suhu ini juga termasuk dalam produk TKDN atau Tingkat Konsumsi Dalam Negeri. Sebab ada produk Thermocouple buatan dalam negeri yaitu dari PT Agaf Global Kreasindo Untuk membantu program pemerintah dalam mengoptimalkan TKDN maka tentunya Anda bisa menggunakan alat ini yang berasal dari industry.agafglobal.com.

Anda pun tak perlu mengkhawatirkannya lagi sebab pastinya produk asli buatan dalam negeri serta bersertifikat. Selain itu produknya pun tentunya memiliki kualitas yang terbaik sehingga bisa Anda manfaatkan dengan maksimal. Anda pun tak perlu khawatir Thermocouple ini cepat rusak atau bekerja tidak normal.

Share: