Definisi dan Cara Kerja Thermocouple, Pilih yang Bersertifikat TKDN!

Definisi dan Cara Kerja Thermocouple, Pilih yang Bersertifikat TKDN!

Thermocouple merupakan sebuah alat yang sangat bermanfaat dalam dunia industri, alat ini berfungsi sebagai pengukur perbedaan suhu.

Di dalam dunia elektronika, penggunaan alat ini sudah sangat populer. Tanpa alat ini, maka tidak akan diketahui ukuran pada perangkat elektronik. Itulah kenapa, keberadaan thermocouple sangatlah penting.

Lantas, apa sebenarnya pengertian dari alat ini dan bagaimana cara kerjanya? Simak di Sini!

Apa Definisi dari Thermocouple?

Dari penjelasan singkat sebelumnya, sudah diketahui bahwa thermocouple merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk melakukan pengukuran. Secara pengertiannya, thermocouple merupakan alat ukur yang memanfaatkan tegangan thermo-elektrik agar bisa mendeteksi adanya perubahan suhu pada sebuah perangkat elektronik.

Untuk dapat bekerja, thermocouple mendapat bantuan dari dua jenis logam konduktor. Kedua konduktor tersebut terbuat dari logam dengan material yang berbeda.

Alat ini menjadi titik temu antara dua logam dengan jenis berbeda (junction) yang menghasilkan tenaga (dalam satuan milivolt) dan memang sebanding dengan suhu pada titik pertemuan kedua logam tersebut. Adapun tegangan listrik dalam milivolt itu dapat diukur pada ujung logam yang tidak bertemu.

Secara umum, fungsi dari thermocouple ini adalah untuk mendeteksi suhu. Jadi, dengan memanfaatkan dua komponen logam tersebut, maka alat ini dapat mendeteksi apabila terjadi perubahan suhu pada sebuah alat elektronik.

Untuk mengaplikasikannya sendiri, thermocouple seringkali berguna untuk berbagai keperluan. Misalnya, alat ini berguna pada sensor otomotif, lemari pendingin, mesin cuci, penanak nasi, sensor pada pesawat terbang, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Thermocouple

Alat ini bekerja dengan cara sederhana. Anda hanya perlu melilitkan dua kawan dengan jenis logam berbeda pada bagian ujungnya. Salah satu logam tersebut akan menghitung suhu konstan.

Sementara, logam yang lainnya akan berguna untuk mendeteksi suhu panas. Ketika junction atau ujung kawat dililitkan punya suhu yang sama, otomatis arus listrik yang melalui 2 persimpangan tersebut akan ada di posisi titik nol atau netral.

Namun apabila junction tersebut diberi suhu panas atau terhubung pada perangkat elektronik, otomatis perubahan suhu yang terjadi akan terdeteksi pada perangkat. Setiap kali menerima panas, tegangan listrik pada alat ini sekitar 1 µV – 70µV.

Untuk rentang suhu operasionalnya, thermocouple memiliki range pengukuran yang terbilang cukup luas, yakni mulai dari -200 hingga 1450 derajat Celcius.

Thermocouple TKDN dari PT Agaf Global Kreasindo

Dalam memilih thermocouple, Anda tidak bisa sembarangan. Apalagi ada berbagai jenis thermocouple yang memiliki fungsi berbeda-beda. Dalam hal ini, PT Agaf Global Kreasindo menyediakan berbagai jenis atau tipe thermocouple dan RTD dengan kualitas terbaik.

Adapun thermocouple dari PT Agaf Global Kreasindo ini termasuk produk TKDN atau Tingkat Kemampuan Dalam Negeri. TKDN adalah besarnya komponen dalam negeri pada keseluruhan barang, jasa, serta kombinasi barang dan jasa.

Untuk ikut serta program pemerintah memaksimalkan TKDN, maka sektor-sektor tertentu harus punya TKDN diimbangi penetapan nilai persentase yang telah diperhitungkan. Dalam hal ini, PT Agaf Global Kreasindo memiliki thermocouple sebagai produk TKDN mereka.

Dengan menggunakan produk TKDN, maka dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. TKDN mampu meningkatkan utilisasi, daya saing, efisiensi, dan mutu produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar sekaligus meminimalisir ketergantungan akan produk impor.

Anda tidak perlu ragu menggunakan thermocouple dari PT Agaf Global Kreasindo karena lead time lebih cepat, range temperatur yang luas, dan harga kompetitif. Anda tentunya juga telah berpartisipasi meningkatkan ekonomi Indonesia karena thermocouple ini sudah bersertifikat TKDN. 

Share: