Ingin Tahu Penyebab Gearbox Mesin Industri Terlalu Panas? Cek di Sini!

Ingin Tahu Penyebab Gearbox Mesin Industri Terlalu Panas? Cek di Sini!

Gearbox mesin industri merupakan rangkaian roda gigi yang terintegrasi atau komponen mekanis yang terdiri dari serangkaian roda gigi di dalam box. Tanpa adanya komponen penting ini mesin industri tidak akan berjalan lancar. Simaklah ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih jauh tentang komponen industri ini.

Inilah Penyebab Gearbox pada Mesin Industri Terlalu Panas

Gearbox atau bisa disebut gear reducer digunakan oleh banyak sistem penggerak elektromekanis pada industri. Komponen ini terdiri dari beberapa set roda gigi terbuka yang terdapat dalam casing. Casing tersebut mendukung bantalan dan poros, melindungi komponen, dan menahan pelumas dari kondisi lingkungan sekitar.  

Benda ini merupakan komponen mekanik yang dapat mentransmisikan gerakan dan daya di antara sumbu dari motor ke mesin utama peralatan industri. Komponen ini juga bisa mengubah arah putaran dan gerakan rotasi menjadi gerakan linier. Selain itu, komponen ini juga bisa disebut sistem pemindah tenaga dan transmisi.  

Transmisi tersebut berfungsi untuk mengubah dan memindahkan kecepatan motor menjadi tenaga berputar yang digunakan untuk memutar spindel mesin pada peralatan industri. Gearbox juga berfungsi untuk mereduksi kecepatan pada conveyor sehingga putaran conveyor tidak terlalu cepat dan tetap stabil. Hal ini terjadi supaya mesin pada peralatan industri berputar sejalan dengan kecepatan yang dibutuhkan.

Jenis-jenis Gearbox

Gearbox memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jenis komponen ini harus disesuaikan dengan instalasi mesin industri sesuai dengan tujuan pemasangan. Pemilihan jenis tersebut biasanya terjadi lantaran kondisi konstruksi mesin eksisting dan menginginkan hasil yang lebih spesifik. Berikut merupakan berbagai jenisnya: 

  1. Gearbox roda gigi miring, poros yang terdapat pada gearbox yang menggunakan roda gigi miring. Nantinya akan membentuk roda gigi yang miring sehingga sejajar dengan lainnya. Poros input juga lebih kecil daripada poros output.
  2. Gearbox roda gigi lurus, poros yang terdapat pada gearbox yang menggunakan roda gigi lurus. Nantinya kan sama dengan roda gigi yang terdapat pada roda gigi miring yaitu membentuk sejajar. Sedangkan poros input lebih kecil daripada poros output.
  3. Gearbox roda gigi miring dan roda gigi kerucut, paras yang digunakan yaitu membentuk 90 derajat satu dengan yang lainnya. Sedangkan poros outputnya lebih besar daripada poros input.

Penyebab Gearbox Terlalu Panas

Semahal dan sebagus apapun gearbox yang dimiliki, pasti tidak luput dari berbagai masalah apabila tidak dilakukan perawatan secara rutin. Masalah yang akan dihadapi saat tidak dilakukan perawatan yaitu panas berlebih, kebocoran, kebisingan, dan getaran. Panas berlebih merupakan masalah yang sering dihadapi pada dunia industri. Setiap masalah pasti ada penyebabnya, berikut merupakan penyebab komponen ini terlalu panas: 

  1. Panas yang berlebih pada gearbox bisa disebabkan karena ada koneksi yang tidak tepat antara perangkat operasi, reducer, dan prime. Untuk mengatasi hal tersebut, sesuaikan kembali instalasi komponen supaya porosnya tetap sama.
  2. Kelebihan beban juga mungkin dialami sehingga bisa menyebabkan panas berlebih. Pastikan untuk menyesuaikan beban mesin selain itu, juga bisa mengganti jenis reduktor. Dengan ini bisa menyebabkan beban tetap seimbang mesin tidak akan mengeluarkan panas berlebih.
  3. Terdapat gesekan berlebih pada segel oli, apabila mengalami hal ini segera tuangkan pelumas pada segel oli untuk menghindari gesekan. Oli pelumas merupakan hal yang penting tetapi tidak boleh terlalu banyak dan kurang. Sebaiknya selalu menyesuaikan jumlah oli pelumas yang tepat sesuai dengan indikasi.
  4. Terdapat kotoran pada oli menyebabkan gearbox menjadi panas berlebih. Untuk mengatasi hal ini, pastikan kondisi oli benar-benar bersih jangan sampai ada kotoran di dalamnya. 

Nah, itu tadi ulasan tentang penyebab gearbox pada mesin industri terlalu panas yang bisa kamu ketahui.  Semoga bermanfaat!

PT Agaf Global Kreasindo hadir untuk Anda semua dengan membawa kompetensi dan pengalaman lama dalam proses pengadaan gearbox untuk industri Anda.

Share: