Mengenal Macam-Macam Gearbox untuk Kebutuhan Industri

Mengenal Macam-Macam Gearbox untuk Kebutuhan Industri

Definisi paling dasar dari gearbox merupakan rangkaian roda gigi yang terintegrasi. Dengan kata lain komponen atau unit mekanis terdiri dari satu rangkaian roda gigi yang terintegrasi dalam casing atau box. Alat industry ini atau juga dikenal sebagai Gear Reducer atau peredam kecepatan tertutup. Biasanya digunakan pada berbagai macam sistem penggerak elektromekanis, yakni yang cukup umum dipakai di dunia industri.

Pada dasarnya alat industri ini terdiri dari beberapa set roda gigi terbuka yang ada dalam casing (rumah atau box). Casing mendukung bantalan (bearing) dan poros (shaft), menahan pelumas, dan melindungi komponen dari kondisi lingkungan sekitarnya. Bahkan alat industri juga memiliki berbagai macam jenis.

Inilah Macam-Macam Gearbox untuk Kebutuhan Industri

Gearbox atau Reducer adalah komponen mekanikal yang mentransmisikan daya dan gerakan, baik sumbunya dari motor ke spindle utama peralatan industri. Alat ini juga bisa mengubah arah putaran, bahkan juga mengubah gerakan rotasinya menjadi gerakan linier. 

Tak hanya itu, alat ini juga berfungsi sebagai suatu sistem pemindah tenaga. Sementara itu transmisi memiliki fungsi untuk memindahkan serta mengubah kecepatan motor menjadi tenaga yang berputar (torsi) yang bisa memutar spindle mesin peralatan industri. Ada bermacam-macam Gearbox atau gigi yang seringkali digunakan di Industri. Berikut ini adalah macam-macam gearbox yang perlu Anda ketahui. 

Pinion Gear

Pinion Gear adalah gear atau roda gigi di dalam Gearbox yang digunakan sebagai gear penggerak utama dan langsung akan menerima gerak putar motor penggerak yang dilanjutkan ke bevel gear. Pada bagian Pinion Gear terdapat bagian-bagian seperti Shaft Gear dan Roda Gigi. Bentuk dari Pinion gear ini berupa batangan yang mana kepala gearnya terlihat menyerupai nanas dengan arah alur gear miring melingkar.

Bevel Gear

Bevel gear adalah salah satu gear atau roda gigi yang terdapat di dalam gearbox. Bagian bevel gear ini menerima gaya putar pinion gear. Biasanya jumlah gear pada bevel gear lebih banyak dari jumlah pada pinion gear.

Perlu Anda ketahui, bevel gear ini yang berfungsi sebagai putaran mereduce dari pinion gear yang di mana putaran tersebut akan dilanjutkan ke gear atau roda gigi lainnya. Bentuk bevel gear umumnya seperti lingkaran yang  salah satu sisi permukaannya memiliki bentuk gear yang berhubungan dengan pinion gear.

Neck Gear

Neck Gear adalah salah satu gear yang biasa digunakan pada mesin pabrik industri saat ini. Fungsinya sebagai penyambung putaran penggerak ke komponen lainnya. Neck gear biasanya terpasang pada shaft Roll Calender.

Bagian roll calender tersebut akan terhubung dengan kopling dan juga motor penggerak pada saat motor penggerak berputar. Neck gear yang akan ikut berputar, kemudian neck gear terhubung  roda gigi neck gear yang lainnya, bahkan terpasang pada shaft Roll calender lainnya.

Dengan demikian, semua Roll Calender berputar seimbang dengan menggunakan satu motor penggerak dan juga putaran Roll Calender lainnya akan terhubung dengan neck gear. Hal ini karena antara neck gear satu dengan neck gear lainnya saling berhubungan pada groove roda giginya.

Kini Anda bisa mengetahui macam-macam gearbox yang biasa digunakan di industri mesin. Alat industri ini terdiri beberapa macam yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Biasanya juga disesuaikan dengan instalasi mesin yang ada industri serta kebutuhannya berdasarkan tujuan pemasangan. Pemilihan jenis khusus yang dikarenakan kondisi konstruksi mesin eksisting dan hasil yang diinginkan lebih spesifik.

Keyword 1: gearbox

Share: