Mengenal Fungsi Gearbox Dalam Dunia Industri!

Mengenal Fungsi Gearbox Dalam Dunia Industri!

Gearbox adalah peralatan khusus yang dibutuhkan untuk menyesuaikan daya atau torsi dari suatu motor yang berputar. Kemudian, gearbox juga merupakan alat pengubah daya dari motor yang berputar hingga menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Dalam dunia industri pasti memiliki peralatan yang digunakan untuk mengolah bahan mentah hingga menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Nah, dalam mesin industri tersebut pasti terdapat part mesin yang Gear Box.

Adapun pemakaian gearbox yaitu pada umumnya untuk mesin yang punya proses beban putar yang berat. Dengan demikian bisa untuk menghindari kerusakan dalam motor drive. Jadi, adanya gearbox ini bisa untuk mengurangi beban yang terlampau berat.

Fungsi Gearbox Pada Alat Industri

Penggunaan roda gigi atau gearbox ini tak lain karena mempunyai fungsi yang cukup penting, terutama dalam dunia industri. Adapun fungsinya antara lain untuk meneruskan putaran dari motor penggerak yang selanjutnya akan menuju ke onderdill mesin yang lainnya.

Gearbox juga menjadi alat yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen mesin yang satu dengan komponen mesin yang lainnya. Dengan demikian, antara komponen mesin tersebut akan menjadi satu kesatuan yang memiliki putaran yang imbang

Tak hanya itu saja, roda gigi ini juga berfungsi sebagai  media  penyambung gerak sistem kerja dari komponen mesin yang sedang berputar.

Komponen Gearbox dalam Dunia Industri

Gearbox atau gigi yang sering dipakai di pabrik Industri mempunyai berbagai macam komponen. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Pinion Gear

Pinion Gear yaitu gear atau roda gigi pada Gear Box yang yang berperan sebagai gear penggerak utama. Bagian ini akan menerima langsung gerak putar dari motor penggerak yang nantinya akan lanjut ke bevel gear.

Bevel Gear

Bevel gear juga termasuk gear atau roda gigi yang bisa Anda jumpai dalam gear box. Bevel gear ini akan menerima gaya putar dari pinion gear.

Fungsi dari bevel gear yaitu menjadi putaran mereduce dari pinion gear yang nantinya akan dilanjutkan ke gear atau roda gigi lainnya yang terdapat dalam gear box tersebut.

Bevel gear ini hadir dengan berbentuk lingkaran. Kemudian, salah satu sisi permukaannya akan berhubungan dengan gearbox dalam pinion gear.

Dalam bevel gear juga terdapat lubang diameter terdalam. Kemudian akan terhubung dengan shaft poros dan di kunci menggunakan key way antara bevel gear dengan shaft.

Antara Pinion Gear dengan Bevel Gear sebenarnya masih termasuk satu kesatuan unit yang dapat terpisahkan antara satu dengan yang lainnya.

Neck gear

Neck Gear adalah salah satu jenis gear yang banyak digunakan di mesin pabrik Industri yang fungsinya sebagai penyambung putaran dari penggerak ke komponen lainnya.

Neck gear adalah gearbox yang umumnya terpasang pada shaft Roll Calender. Jadi, roll calender tersebut akan terhubung dengan kopling serta motor penggerak pada waktu motor penggerak berputar.

Nah, neck gear akan turut berputar dan selanjutnya akan terhubung dengan roda gigi neck gear yang lain yang telah terpasang dalam shaft Roll calender lain. Dengan begitu, maka keseluruhan Roll Calender akan berputar dengan seimbang dengan satu motor penggerak.

Selanjutnya, neck gear akan menghubungkan putaran pada Roll Calender lainnya. Sebab, antara neck gear satu dengan neck gear yang lainnya akan saling terkait pada groove roda gigi tersebut.

Gearbox hadir dalam berbagai macam kapasitas beban dan juga rasio kecepatan. Adapun faktor pemilihannya yaitu meliputi,  rasio kecepatan, jenis desain, orientasi poros, sifat beban, posisi pemasangan, peringkat roda gigi, lingkungan, kisaran suhu pengoperasian serta pelumasan.

PT Agaf Global Kreasindo hadir untuk Anda semua dengan membawa kompetensi dan pengalaman lama dalam proses pengadaan gearbox untuk industri Anda.

Keyword:gearbox

Share: