Penyebab Masalah dan Cara Perawatan Gearbox untuk Dunia Industri!

Penyebab Masalah dan Cara Perawatan Gearbox untuk Dunia Industri!

Perusahaan atau pabrik industri pasti memiliki mesin produksi yang bernama gearbox. Di dunia industri, mesin ini sangat dibutuhkan sebagai pembantu kegiatan produksi dari bahan mentah menjadi setengah jadi atau bahkan barang jadi. Namun mesin ini tidak luput dari permasalahan yang bisa menyerang. Ini dia penyebab permasalahan dan cara merawat mesin agar tetap awet. 

Penyebab Masalah dan Cara Perawatan Gearbox untuk Dunia Industri!

Mesin ini merupakan unit yang berupa susunan gear atau gigi di dalam box unit yang nantinya akan menciptakan putaran sesuai kebutuhan mesin produksi. Jika mesin tidak dipergunakan dan dirawat dengan baik dapat menyebabkan mesin bisa rusak. 

Penyebab Mesin Timbul Bunyi Bising 

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mesin ini memunculkan bunyi bising atau noise. Dan berikut ini beberapa penyebabnya:

Gigi atau Gear yang Sudah Aus 

Penyebab yang pertama ini saat kondisi permukaan gigi atau gear sudah aus. Hal ini dapat menimbulkan bunyi bising saat mesin beroperasi. 

Bodi Baut yang Kendor 

Karena tidak kencangnya ikatan di baut bodi mesin ini dapat akan membuat getaran yang tinggi saat mesin sedang running. Hal ini dapat membuat mesin menimbulkan suara bising saat mesin digunakan. Solusi dari permasalahan ini adalah mengencangkan baut pengikat bodi mesin secara maksimal. Sebelum menggunakan mesin ada baiknya untuk mengecek kondisi mesin terlebih dahulu. 

Gearbox Mengalami Kerusakan 

Tentunya saat mesin mengeluarkan bunyi bising pasti ada yang salah di dalamnya. Permasalahan ini dapat terjadi ketika mesin ternyata mengalami kerusakan. Di dalam mesin ini ada bearing yang memiliki fungsi sebagai tumpuan shaft gear agar nantinya dapat berputar dengan smooth dan ringan. Namun jika kondisi dari bearing ini rusak maka diharuskan untuk menggantinya ke yang baru. 

Cara Perawatan 

Mesin apapun pastinya membutuhkan perawatan yang ekstra termasuk gearbox yang berperan penting untuk dunia industri ini. Berikut ini beberapa cara perawatan untuk mesin ini agar tetap berumur panjang: 

Mengecek Level Oli Lubrikasi 

Karena mesin ini merupakan susunan dari roda gigi atau gear yang akan berputar mengikuti instruksi dari motor drive, maka mesin ini membutuhkan pelumasan yang terjamin. Caranya dengan merendam oli di dalam mesin tersebut sesuai dengan kapasitas oli dan kebutuhan serta ukuran dari mesin ini. 

Tidak lupa juga untuk mengecek kondisi dari viskositas oli. Karena hal ini dapat mempengaruhi sidat panas di pergerakan atau perputaran mesin. Jangan sampai terjadi kebocoran oli di mesin ini, dengan begitu akan mengantisipasi terbuangnya oli secara percuma. 

Rutin Mengecek Kondisi Permukaan Gear Unit 

Selalu pastikan tidak ada hal abnormal pada permukaan gear unit seperti luka patah atau goresan yang parah. Hal ini bisa dilakukan dengan meraba secara perlahan permukaan gear apakah ada hal abnormal di gear tersebut. 

Mengecek Kondisi Bearing di Shaft Drive 

Di setiap shaft drive pasti ada bearing dengan tipe bearing trapesium bertumpu. Walaupun memang bearing ini terendam oleh sirkulasi oli, namun hal ini tidak berarti kondisi bearing terus baik-baik saja. Jadi harus memastikan kondisi bearing tersebut apakah normal atau abnormal seperti ada kotoran di ball bearing, keausan di ball bearing, kerusakan di stoper ball bearing, dan lain sebagainya. 

Tetap pastikan kondisi getaran di bearing unit untuk mengetahui apakah ada getaran abnormal di bagian mesin tersebut. Untuk mengeceknya dapat menggunakan alat khusus. Setelah itu juga pastikan untuk mengecek suhu temperatur di bagian ini karena hal ini dapat mengantisipasi kerusakan bearing di unit. 

Mengecek Kondisi Flow Glass Sirkulasi Oli 

Hal ini dilakukan untuk mendeteksi aliran sirkulasi oli di dalam mesin. Dengan melakukan pengecekan dapat memastikan bearing dan gear dapat terlubrikasi dengan benar oleh oli unit.  Dan itulah tadi apa saja penyebab mesin gearbox berbunyi berisik dan cara perawatannya. Dengan begitu sekarang sudah tahu bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan rutin terhadap mesin ini.

PT Agaf Global Kreasindo hadir untuk Anda semua dengan membawa kompetensi dan pengalaman lama dalam proses pengadaan gearbox untuk industri Anda.

Share: