Tipe dan Kelebihan Thermocouple Industri, Pastikan Bersertifikat dan TKDN!

Tipe dan Kelebihan Thermocouple Industri, Pastikan Bersertifikat dan TKDN!

 

Tipe dan Kelebihan Thermocouple Industri, Pastikan Bersertifikat dan TKDN!

 

 

Thermocouple atau yang juga bisa dikenal dengan termokopel adalah komponen sensor suhu berfungsi untuk mengukur temperatur. Alat ini memanfaatkan efek thermoelectric dari dua jenis logam konduktor berbeda yang pada ujung logam digabungkan.

 

 

Lalu apa sajakah tipe dan kelebihan dari alat ini untuk industri? Bagaimanakah alat yang baik? Berikut ini ulasannya untuk Anda. 

 

 

Tipe dan Kelebihan Thermocouple Industri, Anda Harus Pastikan Sudah Bersertifikat dan TKDN

 

 

Thermocouple ini cukup populer untuk dunia industri. Hal ini karena Thermocouple dapat mendeteksi suhu dan membuat alat ini dibutuhkan di rangkaian atau peralatan listrik. Alat ini juga cukup diminati karena memiliki kecepatan respon dari komponen alat ini terhadap perubahan suhu yang cukup tinggi serta memiliki rentang suhu operasional yang luas, yakni berada dari -200˚C hingga 2320˚C. 

 

 

Tipe-Tipe 

 

 

Thermocouple ini memiliki berbagai jenis bahan konduktor yang dapat membuat rentang suhu secara otomatis dan bervariasi. Di dalamnya terdapat perpaduan jenis logam konduktor yang berbeda. Hal ini juga membuat alat ini menghasilkan rentang suhu operasional yang berbeda. Berikut ini tipe-tipe thermocouple serta bahan dan juga rentang suhunya. 

 

 

Tipe E 

 

 

Tipe thermocouple yang pertama ini ada Tipe E. Jenis yang satu ini berasal dari material logam konduktor positif Nickel-Chromium dan bahan logam konduktor negatifnya Constantan. Tipe E memiliki rentang suhu dari -200˚C hingga 870˚C. 

 

 

Tipe J

 

 

Tipe yang kedua ada Tipe J dengan material logam konduktor positif berasal dari Iron atau besi dan bahan logam konduktor negatif dari Constantan. Jenis ini memiliki rentang suhu dari 0˚C hingga mencapai 760˚C. 

 

 

Tipe K 

 

 

Jenis yang ketiga ada Tipe K. Jenis ini berasal dari material logam konduktor positif dan bahan logam konduktor negatifnya sama yakni Nickel-Chromium. Kemudian rentang suhu nya berada di -200˚C hingga mencapai 1260˚C. 

 

 

Tipe N 

 

 

Tipe yang satu ini berasal dari material logam konduktor positif Nicrosil dan bahan logam konduktor negatif Nisil. Rentang suhu tipe ini berada di -200˚C hingga 1260˚C. 

 

 

Tipe T 

 

 

Kemudian ada Tipe T dari material logam konduktor positifnya Copper atau tembaga dan logam konduktor negatif dari Constantan. Suhunya berada di rentang -200˚C hingga 370˚C. 

 

 

Tipe U 

 

 

Tipe yang terakhir ini berasal dari kompensasi Tipe S dan Tipe R. Jenis ini berasal dari bahan logam konduktor positif Copper atau tembaga dan logam konduktor negatifnya Copper-Nickel. Rentang suhu tipe ini berada di 0˚C hingga 1450˚C. 

 

 

Fungsi Thermocouple 

 

 

Alat ini bisa digunakan untuk banyak aplikasi, seperti peralatan rumah tangga hingga proses industri. Alat ini memiliki ukuran kecil dengan respon yang cepat dan tahan getaran tinggi. Berikut ini fungsi thermocouple pada beberapa aplikasi:

 

 

  1. Thermocouple dapat digunakan untuk beberapa aplikasi dalam industri makanan dan minuman. Seperti ketel uap, kontrol oven, dan kontrol suhu. 
  2. Alat ini juga bisa digunakan untuk proses manufaktur misalnya seperti di proses ekstrusi yang memerlukan tekanan dan suhu tinggi. 
  3. Bisa digunakan pada tungku pembakaran. 
  4. Alat ini dapat melakukan pencairan logam yang memiliki suhu sangat tinggi. Untuk cara ini dapat menggunakan termokopel logam dengan tipe K dan N serta Tipe S, R, dan B platinum menjadi pilihan tepat. 

 

 

Kelebihan 

 

 

Berikut ini beberapa kelebihan dari komponen thermocouple: 

 

 

  1. Alat ini awet dan tidak mudah untuk rusak. 
  2. Memiliki repeatability dengan tingkat yang cukup baik. 
  3. Memiliki layar yang tidak mudah keruh dengan skala yang jelas, jadi nilai suhu di alat ini mudah untuk dibaca. 
  4. Self powered. 
  5. Dapat merespon perubahan suhu dengan cepat. 
  6. Memiliki range pengukuran luas yakni dari -200˚ hingga 2320˚C. 
  7. Alat ini juga dapat bekerja dengan baik pada jarak pengukuran kurang dari 1 cm. 

 

 

Demikian pembahasan mengenai Tipe dan Kelebihan Thermocouple Industri, semoga bermanfaat! Nah, apabila anda sedang membutuhkan Thermocouple dan keperluan terkait thermal engineering lainnya seperti heater dan instrument , segera hubungi dan kunjungi situs resmi PT Agaf Global Kreasindo.

 

Share: