Tips Memilih Desain Thermocouple Berkualitas untuk Industri!

Tips Memilih Desain Thermocouple Berkualitas untuk Industri!

Thermocouple merupakan sebuah alat untuk sensor temperatur atau suhu. Alat ini dibuat dengan cara menggabungkan 2 varian metal berbeda. Salah satu ujungnya sebagai hot junction, sedangkan bagian lain untuk cold junction.

Simak Tips Memilih Desain Thermocouple Berkualitas dalam Bidang Industri!

Sejauh ini, thermocouple memiliki banyak sekali jenis dan desain. Dengan begitu, jika Anda ingin menggunakan salah satunya. Sebaiknya cermati terlebih dahulu, apakah jenisnya sudah sesuai kebutuhan atau belum.

Umumnya, proses memilih thermocouple dilakukan berdasarkan rentang pengukuran suhu dan atributnya. Agar semakin jelas, silakan simak tips memilih thermocouple untuk kebutuhan industri berikut ini.

1. Tentukan Sensor Thermocouple Sesuai Kebutuhan

Pada dasarnya, thermocouple bisa dipakai pada seluruh industri serta aplikasi. Namun, tetap saja Anda harus memilih yang paling tepat sesuai kebutuhan. Sehingga penggunaan alat ini nantinya semakin optimal.

2. Cermati Rentang Suhu sesuai tipe pada Thermocouple

Setelah memilih sensor paling tepat, selanjutnya adalah mencermati suhunya. Suhu menjadi parameter paling fundamental, ketika Anda memilih jenis thermocouple. Dalam bidang industri, thermocouple yang umum dipakai adalah tipe K dan N.

Thermocouple tipe ini menawarkan rentang suhu yang relatif luas dan stabil, yakni dari -200 hingga 1200 derajat celcius. Ada juga thermocouple jenis lain yakni tipe T dengan rentang suhu maksimal 370 derajat celcius. Namun kemampuan akurasi cukup tinggi, sehingga lebih cocok digunakan pada suhu rendah.

Untuk kebutuhan suhu tinggi, Anda bisa memilih jenis thermocouple dari Platinum atau Rhodium. Varian tersebut diantaranya tipe R, S dan B. Ketiganya memiliki kemampuan akurasi cukup tinggi, bahkan bisa beroperasi pada suhu 1.700 derajat celcius.

3. Pilih yang Memiliki Respons Cepat

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi waktu respon pada suatu thermocouple. Seperti diameter, material pada protection tube, dan jenis junctionnya. Semakin kecil ukuran diameternya, maka respon membacanya akan lebih cepat.

Protection tube sendiri terdiri atas beberapa material seperti metallic, ceramic dan Polymer. Bahan metallic memiliki konduktivitas sangat tinggi, sehingga mampu memberi respon paling cepat.

Sedangkan junction thermocouple ada 3 jenis, yakni grounded, ungrounded, serta exposed. Hampir semua thermocouple dalam bidang industri memakai jenis ungrounded. Mengingat junction pada jenis ini terlindungi oleh protection tube atau sheath.

4. Perhatikan Bahan Kimia, Abrasi dan Daya Tahan Getaran

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, akan sangat menentukan awet atau tidaknya thermocouple yang Anda gunakan. Misalnya, dalam suatu industri sering mengukur zat kimia, maka sebaiknya memakai material polymer.

Beda halnya jika bidang industri tersebut berisiko tinggi terkena abrasi. Maka lebih baik memilih material Hardness, sehingga tidak mudah terkikis.

5. Pahami Sistem dan Cara Pemasangannya

Thermocouple sendiri bisa dipasang pada sistem dengan beberapa cara serta desain bentuk. Sebut saja untuk tekanan tinggi, umumnya thermocouple dilengkapi dengan flange. Sehingga bisa membantu menahan tekanan pada sistem tersebut.

Flange sendiri juga hadir dalam berbagai jenis, ada yang full welded. Biasanya cocok dipakai untuk tekanan tinggi. Selain itu, ada juga adjustable flange untuk menahan thermocouple agar tidak bergerak.

6. Memilih Thermocouple yang Bersertifikat TKDN

Produk thermocouple berkualitas tidak melulu tentang barang dari luar negeri saja. Perlu Anda tahu, thermocouple karya anak bangsa kini mulai dikembangkan. Kualitasnya tidak main-main, bahkan mampu bersaing dengan produk dari luar negeri.

Thermocouple produk dalam negeri sudah melalui berbagai macam uji, dan berhasil mendapat sertifikat TKDN. Sehingga dijamin aman dan mampu memenuhi kebutuhan Anda dalam bidang industri.

PT Agaf Global Kreasindo hadir untuk Anda semua dengan membawa kompetensi dan pengalaman lama dalam proses pengadaan Thermocuple untuk industri Anda. Semoga bermanfaat! 

Share: