Perbedaan THERMOCOUPLE VS RTD: Kelebihan dan Kekurangan Keduanya

Perbedaan THERMOCOUPLE VS RTD: Kelebihan dan Kekurangan Keduanya

  • Mar 14, 2024
  • Agaf by Agaf

Thermocouple dan RTD, keduanya termasuk sensor yang digunakan dalam alat pengukuran suhu. Meskipun kedua alat ini sama-sama digunakan dalam mengukur suhu, terdapat perbedaan mendasar seperti prinsip kerja, kelebihan sekaligus kekurangan yang mungkin dapat menjadi tolak ukur untuk Anda dalam memilih antara Thermocouple atau RTD.

 

Prinsip Kerja 

Thermocouple bekerja berdasarkan seebeck effect, dimana terdapat tegangan saat dua jenis logam yang berbeda bersentuhan di kedua ujungnya dan terkena suhu yang berbeda lalu, menghasilkan aliran listrik yang sebanding dengan perbedaan suhu di antara keduanya.

Resistance Temperature Detector atau RTD bekerja berdasarkan perubahan resistansi listrik dengan penggunaan suhu. Semakin tinggi suhu, semakin tinggi pula resistansinya, begitu pula sebaliknya. 

RTD umumnya terbuat dari platinum yang stabil terhadap suhu. Saat suhu berubah, resistansi RTD juga berubah. Perubahan ini dapat diukur untuk menentukan suhu dengan akurasi tinggi.

 

Kelebihan Thermocouple

  1. Dapat digunakan hingga suhu 1700° C 

  2. Respon cepat terhadap perubahan suhu

  3. Biaya cukup murah

Kekurangan Thermocouple

  1. Kurang stabil jika dibandingkan dengan RTD

  2. Memerlukan kabel ektensi

  3. Respon non-linear

Kelebihan RTD

  1. Stabilitas jangka panjang

  2. Akurasi tinggi

  3. Tidak memerlukan kabel ektensi

Kekurangan RTD

  1. Rentang suhu terbatas hanya hingga 650° C

  2. Biaya lebih tinggi

  3. Waktu respons lambat

     

Kedua sensor suhu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing karena prinsip kerja dan material yang digunakan pun berbeda. Pastikan pertimbangkan rentang suhu aplikasi, akurasi, waktu respons, lingkungan operasional, biaya, dan kalibrasi untuk aplikasi yang Anda butuhkan. Solusi industri terbaik seperti GearboxPneumaticModular Belt, dan masih banyak produk industri lainnya yang tersedia di AGAF GLOBALuntuk membantu memenuhi kebutuhan industri Anda. 

 

Share: