Pneumatic: Pengertian, dan Fungsinya

Pneumatic: Pengertian, dan Fungsinya

  • Mar 12, 2024
  • Agaf by Agaf

Pengertian Pneumatic:

Kata Pneumaticberasal dari Yunani yang memiliki sebuah arti udara. Pneumatic adalah sistem penggerak yang memanfaatkan tekanan udara sebagai tenaga penggeraknya. Jadi secara sederhana pneumatic merupakan tekanan udara, sehingga mampu menggerakan alat-alat industri.

Tekanan udara tersebut akan menggerakan sebuah silinder kerja, yang dimana silinder kerja nantinya akan mengubah tenaga atau tekanan udara menjadi tenaga mekanik (gerakan maju mundur pada silinder). 

Sistem pneumatic banyak digunakan pada mesin-mesin industri dengan kekuatan/daya mekanik yang rendah. Dalam pneumatic, kekuatan tekanan hanya sebesar 80-100 psi (pound per inci persegi). Sehingga sistem pneumatic hanya bisa diaplikasikan pada mesin-mesin yang tidak terlalu membutuhkan tenaga mekanik yang sangat kuat (mesin bertenaga ringan) dalam menjalankannya.

 

Fungsi Pneumatic:

Sistem yang menggunakan tekanan udara ini dapat mempunyai berbagai fungsi atau kegunaan yang sangat penting, terutama dalam dunia mekanis atau industri. Fungsi sistem ini adalah sebagai berikut:

  • Penggerak

Pneumatic bisa digunakaan sebagai penggerak untuk berbagai macam mesin dan peralatan, seperti pengangkut material dan mesin produksi.

  • Kendali Otomatis

Pneumatic juga bisa digunakan pada aplikasi otomasisai untuk mngendalikan pergerakan, posisi, dan operasi secara presisi.

  • Pemindahan Material

Pneumatic juga bisa digunakaan pada sistem pemindahaan material untuk mengangkat, memindahkan, dan juga mengatur barang-barang dalam berbagai aplikasi industri.

  • Kendali Proses

Pneumatic juga bisa digunakan pada sistem kendali proses untuk mengatur suhu, tekanan, dan juga aliran cairan dalam proses industri.

  • Kendali Pneumatic Sederhana

Pneumatic juga bisa digunakan pada alat sederhana seperti, katup pneumatic, alat kendali pneumatic, dan pneumatic sederhana untuk mengaktifkan atau menonaktifkan peralatan.

 

Solusi industri terbaik seperti GearboxThermocouple & RTDModular Belt, dan masih banyak produk industri lainnya yang tersedia di AGAF GLOBALuntuk membantu memenuhi kebutuhan industri Anda. 

 

Share: